Sunday, July 19, 2009

MEMBANGUN AHLAK DALAM BERPOLITIK


Institusi politik merupakan sesuatu yang abstrak dan sulit dipersonifikasikan sehingga sulit dikaitkan dengan akhlaq karena konsep akhlaq identik dengan perilaku manusia yang berdasarkan keimanan dan syariat. Akhlaq sebuah institusi politik hanya dapat digambarkan dengan simbol-simbol individu-individu yang menjadi pelaku dan bagian penting dari suatu institusi politik tersebut. Efektifnya individu sebagai simbol akhlaq sebuah institusi politik sudah banyak terbukti. Elit-elit politik terutama kader-kadernya yang duduk di eksekutif maupun legislatif harus memberikan gambaran pencitraan yang positif; tidak terlibat praktek-praktek korupsi dan perilaku-perilaku negatif di mata masyarakat.

Segala macam bentuk perilaku dalam pertarungan politik dapat dianggap suatu yang "benar" dalam merebut suatu kekuasaan. Apabila kita mengambil hikmah dari strategi dan akhlaq berpolitik Ali ra. bahwa keteguhan, keyakinan dan keistiqomahan terhadap aturan main yang berlaku yang telah disepakati sangat diperlukan dalam berpolitik, tetapi dalam hal ini beliau mengalami kekalahan. Sebaliknya apabila mengambil hikmah dari Muawiyah yang mengedepankan siasat politik walaupun dengan kepura-puraan (muslihat) tetapi muawiyah mendapatkan kemenangan politik. Kedua hikmah tersebut perlu kita kaji lebih dalam untuk memenangkan suatu kompetisi politik. Lebih lanjut pada saat melakukan lobi-lobi politik dengan pihak lain. Lalu bagaimana dan apa yang akan dilakukan oleh elit-elit politik kita? Jawaban ada dalam niat (hati), perilaku dan amalnya dalam membangun institusi politiknya.

Membangun suatu jaringan sosial politik, dan media serta partisipasi aktif kader dalam bentuk kerja sosial yang nyata di masyarakat akan dapat membangun institusi politik lebih besar. Untuk mewujudkan program-program tersebut tentunya harus didukung dengan penelitian dan pengembangan dalam institusi politik tersebut untuk mengetahui peta-peta kekuatan politik, dan peta-peta konstituen yang hendak digarap dengan didukung dana yang halal dan maksimal.(yudhistira74@yahoo.co.id)

No comments:

Post a Comment

Pencarian